WA Sender Ultimate

Pengalaman Udik Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link

Sekitar awal tahun 2017, Blogger Firaun mendaftarkan sebuah domain, nama domain sudah di set sedemikian rupa, sebuah keywordpun disisipkan dalam domain (Keyword On Domain atau KOD), harapannya keyword yang ditembak akan eksklusif mendapat rangking cantik di mata search engine. Berbagai platform pendukungpun dibangun, beberapa diantaranya yaitu Google + (kini sudah disuntik mati Google) dan fanspage Facebook. Mantap pokoknya, namun ternyata ini malah berbuah simalakama, dongeng selengkapnya simak diakhir artikel, atau baca terus ini pelan-pelan, semoga tak ada belahan plot dongeng yang terlewat.

Oh iya, Blogger Firaun akan bantu cek, berapa usang waktu yang diharapkan untuk membaca artikel ini, artikel ini terdiri dari 1473 kata (kurang lebih), kecepatan efektif membaca blogger rata-rata 250 kata per menit, maka jikalau anda blogger, kemungkinan anda akan selesai membaca goresan pena ini dalam waktu 5.8 menit.

Mari kita mulai

Apa Itu Broken Link

Kata Broken Link diambil dari bahasa Inggris, yang kemudian ini jadi istilah lumrah dalam bahasa Indonesia, istilah ini kemudian jamak dipakai untuk mengidentifikasi link dalam sebuah blog atau web yang rusak atau mati. Kerusakan sebuah link ditandai dengan beberapa hal, diantaranya, ketika link tersebut diklik (untuk dibuka), maka browser akan menunjukkan pesan tidak ditemukan atau 404, artinya browser tak sanggup mengidentifikasi dimana URL link tersebut mengarah.

Tak ada Broken Link : Ramah SEO

Blog atau web yang ramah SEO (Searc Enggine Optimisation) yaitu blog yang tak punya broken link. Bayangkan saja, seorang user yang sedang mencari cara cek broken link di Google, kemudian user tersebut menemukan web di page one yang kelihatannya menunjukkan solusi, memberi tahu cara menemukan broken link, namun ketika diklik, bukannya muncul sebuah halaman web atau blog, yang muncul malah halaman 404, alias halaman yang ditampilkan tersebut tidak ada, hilang! Sebabnya apa? nanti dibahas diahkir artikel.

Baca juga : Resolusi Blogger Firaun 2020, Ungkap Rahasia 2019

Domain yang mengandung halaman atau page yang mengandung broken link tersebut nantinya oleh Google akan dilempar dari halaman pertama hasil pencarian, mengapa? Tentu saja, alasannya user, tak mendapat solusi ketika ia mencari 
cara cek broken link di Google, bukankah Google pemberi solusi yang baik? Setelah melempar blog atau web yang mengandung broken link tersebut ke belakang, Google akan menggantinya dengan blog atau web yang menunjukkan solusi, disini domain yang lain berpeluang untuk menggantikan posisinya.


Jadi jikalau anda mau blog anda tidak dtinggalkan Google, pastikan jangan hingga ada broken link.


Pengalaman Blogging : Menghapus Hampir 500 Broken Link

Mari kita mulai ceritanya.. Iya ini benar-benar terjadi, sangat melelahkan, benar-benar menyita waktu, maklum Blogger Firaun menghapusnya secara manual, bekerjsama sanggup minta tolong jasa hapus broken link, next time mungkin (jangan lagi lah hehe).

Seperti disebutkan tadi diatas.. 


Awalnya, untuk memperkuat kehadiran blog di mata nitizen dan Google serta web lainnya, Blogger Firaun putuskan, menyertakan keyword dalam nama domain blog dan menciptakan Youtube, Google+, Fanspage Facebook, bahkan hingga LinkInd dan seterusnya. Maklum blog tersebut dicitrakan sebagai blog yang update terus dan profesional.


Baca juga : Bongkar! Volume Pencarian Vs Kompetisi Keyword

Blogging terus berjalan dengan biasa, visitor mulai naik, dan Blogger Firaun putuskan untuk mengoptimasi blog tersebut dengan Fanspage Facebook.. Tidak disadari, disini bibit dilema muali tumbuh.


Sebelumnya.. Setiap postingan Blogger Firaun di blog tersebut selalu mencantumkan beberapa outbond link, diantaranya, salah satunya link menuju Fanspage Facebook, jadi link Fanspage tersebut tidak ditempel pada template blog, melainkan dimasukkan secara manual dalam setiap postingan.


Setelah berjalan beberapa bulan dan tahun, postingan pun sudah mencapai jumlah ratusan (dengan link outbond Facebook).


Sampai tiba-tiba.. ..Muncul ide, pada tahun 2019, bagaimana jikalau nama Fanspage dan URL nya juga disesuaikan..


Ahh.. brilian sekali pandangan gres ini!


Tak rubahlah nama Fanpage dan URLnya..


..Masalah dimulai..


mendadak sehabis perubahan nama Fanspage, visitor blog anjlok, alexa rank bengkak, pageview turun, bounce rate jebol!


Sambil masih sedih, meratapi, apa bekerjsama salah saya!


Posting secara rutin pun masih terus dipaksakan, semoga tetap konsisten, dan tidak menambah dilema gres blog, sambil mencari tahu apa permasalahannya (waktu itu belum tahu kalau problem utamanya alasannya broken link jawaban URL Fanspage yang dirubah dan tak sanggup diakses, tentu saja alasannya link outbond pada tiap postingan masih memakai URL Fanspage yang lama).


Baca juga : Google Luncurkan Question Hub, Ini Penjelasannya

Sampai ketemulah masalahnya, ketika Blogger Firaun ingat, oh iya, kemarin itukan habis ganti URL Fanspage tapi URL outbond Fanpage di blog belum dirubah, WTH!


Saat Blogger Firaun scan blog tersebut, ada lebih dari 400 broken link (hampir 500 broken link) ada dalam blog tersebut.. Wua, kaget bukan main, ini benar-benar pengalaman bodoh!


Blogger yang bodoh!


Pelajaran berharga : Lain kali kalau mau buat perubahan harusnya dicatat..


oke, sekian dulu ceritanya..

Kembali ke artikel berfaedah mengenai broken link lagi...

Sebab munculnya Broken Link

Sebab munculnya broken link sanggup alasannya banyak hal, tapi melihat dari akibatnya, link tidak sanggup diakses, tentu sanggup diperkirakan bahwa link perujuk rusak atau salah ketika blogger menciptakan internal link (bisa juga outbondlink) ketika menciptakan postingan.


Broken Link disebut juga sebagai dead link atau link mati.

Link yang rusak sanggup jadi alasannya URL telah dirubah, perubahan sanggup alasannya banyak hal, menyerupai yang Blogger Firaun kisahkan pada dongeng diatas.

Salah satu blogger yang mengembangkan pengalaman mengenai broken link, menyampaikan bahwa ia mendapati blognya penuh dengan broken link, sehabis ia tetapkan untuk merubah struktur URL blog, dengan menghilangkan bulan dan tahun pada struktur blog.



Akibat apabila Broken Link dibiarkan


Banyak hal kurang enak, apabila broken link dibiarkan begitu saja pada blog atau web. Apalagi jikalau anda sedang mengejar halaman pertama Google, susah bagi Google merekomendasikan blog anda di halaman pertama jikalau ada konten yang mengandung broken link.

Visitor kabur, ketika vistor blog selesai membaca artikel blog, kemudian ingin melihat artikel lain, dan ternyata artikel tersebut mengandung broken link, sanggup saja visitor tersebut eksklusif meninggalkan blog. Awalnya sanggup jadi mendapat lebih dari 1 page view, 2 atau 3 bahkan lebih, namun gegara broken link, cita-cita tersebut hanya tinggal pepesan kosong saja.

Mungkin jikalau visitor kabur dan beralih melihat blog lain, hal tersebut sanggup dimaklumi, yang paling parah apabila visitor tersebut berharap menemukan apa yang ia cari dari blog, namun ternyata ketika diklik, malah halaman kosong, halaman 404 atau halaman ini tidak tersedia. Kecewa bukan. Bisa jadi ia murka dan tak mau kembali lagi. Jangan hingga ini terjadi dan menimpa blog anda.


Baca juga : Ini Kata Blogger Senior : Visitor Blog Bule segini aja Udah Merdeka

Apabila anda masih galau kenapa blog anda sepi, alias tidak ada visitor yang mampir, coba baca artikel tentang cara meningkatkan pengunjung blog, siapa tahu sehabis anda membaca artikel tersebut, ada insight positif yang anda dapatkan, bahkan dipraktekkan.

Tips mencegah dan mengatasi Broken Link

Beraberapa potensi dilema yang diakibatkan oleh brokenlink, sebagaimana disebutkan diatas, sanggup dicegah. Caranya bagaimana?


Cara Mencegah Broken Link 


Ini jawabannya. Pastikan setiap elemen blog anda, baik itu template ataupun conten mengandung link yang sanggup diakses, tidak broken. Salah satu penyebab broken link, sanggup jadi ketika menyisipkan link, URL tidak sengaja "tertambah" sebuah karakter, atau mungkin "kehilangan" sebuah abjad (tidak sengaja kehapus mungkin), dimana hal tersebut menjadikan broken link. 

Baca juga : Pengalaman Blogger Memperbaiki Breadcrumbs Error di Search Console

Lakukan double check tiap kali menyisipkan link pada achor text atau internal link biasa. Jangan hingga URLnya mengalami penambahan abjad atau pengurangan abjad secara tidak sengaja.



Cara Cek dan Mengatasi Sekaligus Memperbaiki Broken Link Pada Blog


Untuk mengatasi broken link pada blog, terlebih dahulu harus dicek, seberapa banyak broken link dan dimana saja tempatnya. Pertama silahkan menuju ke www.brokenlinkcheck.com (banyak cara untuk cek broken link, namun Blogger Firaun menentukan dengan menggunakan brokenlinkcheck.com  alasannya salah satu tool yang paling mudah untuk mendeteksi broken link), sehabis dibuka, maka tampilannya akan terlihat menyerupai dibawah.


 Blogger Firaun mendaftarkan sebuah domain Pengalaman Bodoh Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link
cara cek broken link memakai brokenlinkcheck.com
Setelah masuk ke halaman tersebut, perhatikan, page tersebut ada kalimat "Enter your URL below", silahkan masukkan nama blog atau website anda pada kolom itu, kemudian klik button "Find Broken Link" menyerupai ditunjukkan pada secrenshot dibawah.


 Blogger Firaun mendaftarkan sebuah domain Pengalaman Bodoh Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link
brokenlinkcheck.com tools efektif untuk mencari broken link pada blog
Setelah di klik, maka anda akan dibawa ke halaman gres yang berisi beberapa hal. Nomor 1 perihal URL yang akan di cek, nomor 2 perihal security code, masukkan security code dengan benar. Dibawah security code ada 2 pilihan, pertama Report distinct broken links only, kedua Report all occurrences of each dead link, silahkan pilih salah satu.

Pilihan "Report distinct broken links only" untuk mendapat hasil laporan berupa tautan rusak yang berbeda, ini berarti jikalau ada satu tautan yang sama namun rusak, tautan tersebut tidak akan muncul dalam hasil report.


Sedangkan apabila menentukan pilihan "Report all occurrences of each dead link", pilihan ini akan memungkinkan user untuk mendapat hasil semua link yang rusak, tidak perduli sama atau berbeda, semua link rusak akan ditampilkan laporannya jikalau menentukan ini. Pilihan ini berdasarkan irit Blogger Firaun lebih bagus, namun membutuhkan waktu yang lebih usang daripada pilihan yang pertama.

Setelah menentukan pilihan, lanjutkan dengan menekan button "find broken link now!".
 Blogger Firaun mendaftarkan sebuah domain Pengalaman Bodoh Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link
Pastikan mengisi kolom isian dengan benar semoga brokenlinkcheck.com sanggup dipakai dengan baik
Setelah button tersebut ditekan, brokenlinkcheck.com akan segera memprosesnya, silahkan dinantikan hingga selesai untuk melihat hasil checking secara lengkap.


Demikian pengalaman Blogger Firaun dalam menghadapi broken link pada salah satu blog yang dikelola. Blogger Firaun dokan semoga anda tidak mendapat pengalaman pahit menyerupai ini, harus memperbaiki banyak broken link.

Baca juga : Rahasia Artikel Blog Makara Bagus dan Ramah Visitor
Baca juga : Manfaat Menggunakan Google Question Hub Untuk Blog

Apbila agan suka dengan dunia blog, silahkan baca juga artikel seputar Blogging, atau jikalau anda sedang mencar ilmu ngeblog, ingin mendapat penghasilan dari blog, tak ada salahnya untuk mengunjungi rubrik Tutorial Blogger, disana banyak terdapat tutorial baik yang eksklusif maupun pendukung dan tips bagi para Blogger.

Terimakasih sudah membaca hingga paragarf ini, semoga artikel Pengalaman Bodoh Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link sanggup memberi insight positif untuk anda.  Apabila anda punya tanggapan perihal artikel ini, silahkan tinggalkan di komentar, apapun itu. Sekian, tak lupa Blogger Firaun doakan anda sukses dalam bidang yang anda geluti, jangan lupa aminkan ya, sampai jumpa di artikel lainnya.

0 Response to "Pengalaman Udik Blogger! Menghapus Hampir 500 Broken Link"

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU