WA Sender Ultimate

Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya

Dalam artikel ini Blogger Firaun akan aneka macam cara dan trik menciptakan sebuah artikel menjadi viral, Banyak faktor tentunya yang mempengaruhi viralitas sebuah konten atau artikel. Konten viral tidak melulu soal hoax atau isu yang tidak bermutu saja. Jika tujuan anda membaca artikel ini untuk bisa membuat konten jadi viral di internet dan mendatangkan lebih banyak traffic, silahkan lanjut baca. Sediakan waktu yang cukup, dan baca perlahan, jikalau anda belum siap untuk menyelesaikannya dalam sekali baca, silahkan bookmark halaman ini lebih dahulu.

Oh ya, sebelum lebih jauh membaca, lantaran ini ialah artikel tutorial, maka salah salah satu kekhasannya ialah cukup detail dan panjang, jadi apabila anda tak yakin menghabiskannya dalam sekali baca, silahkan bookmark, semoga bisa dibaca lain waktu, atau ketika anda ingin mengulang pecahan yang belum lupa ketika praktek mebuat artikel viral.

..

Bingung!?

Atau jangan-jangan anda malah belum punya blog?

Aduh, sayang sekali, padahal blog bisa dipakai untuk mencari uang lho.. Baca dulu tutorial menciptakan blog gratis dan lengkap untuk pemula, nah kalau sudah punya blog silahkan lanjut baca artikel ini lagi.


Sedikit cerita..

Blogger Firaun dulu pernah mengelola blog viral, dengan memanfaatkan Facebook Ads untuk mendrive traffic. 

Blog viral tersebut dimonetise dengan memakai Google AdSense, lantaran kemampuan Facebook yang efektif menarget negara tertentu, earning Google AdSense pun menggunung, setiap hari visitor Blog bisa hingga 10.000, bisa juga lebih tinggi, tergantung berapa banyak spend iklan Facebook Ads.

Ya, blog viral sangat unik, bayangkan jikalau punya sebuah blog viral yang "ditenagai" oleh SEO, tak perlu keluar modal buat bayar iklan Facebook, namun traffic kenceng dan AdSense gemuk.


Dalam artikel ini Blogger Firaun akan aneka macam c Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya
Bagaimana menciptakan konten jadi viral? ini jawabnya

Potensi traffic yang dihasilkan artikel viral

Baik, kini mari hitung-hitungan, seberapa besar potensi penghasilan dari sebuah blog viral. Blogger Firaun akan ambil teladan blog asal negeri paman sam, Mashable.com ialah blog yang membahas seputar entertainment, culture, tech dan science. 

Namun ternyata artikel Mashable.com banyak juga yang viral, salah satunya ialah artikel dengan judul "Snapchat's new 'time machine' lens is a nightmare look at your future self".

Visitor Mashable.com 7,3 juta / bulan, bahkan visitor bisa berjumlam 4 kali lipat atau sekitar 29,2 juta visitor per bulan apabila dihitung dengan cara yang berbeda. 

Jumlah visitor 7,3 juta / bulan milik Mashable.com bisa dikatakan angka "tersedikit" yang didapat. Hitung saja, misalnya, setiap 10.000 visitor mendapat 500 USD, silahkan tinggal kalikan saja, bantu Blogger Firaun ngitung dong hehe. Banyakkan hasilnya.

Contoh blog yang mengandalkan viralitas

Apabila Mashable.com mempunyai banyak konten yang ditulis dan kemudian viral, beda lagi dengan Buzzfeed.com.

Buzzfeed.com mempunyai sajian "trending" yang mengelompokkan artikel mana saja yang sedang tren, salah satu hal yang mengakibatkan sebuah artikel tren ialah viralnya artikel tersebut.

Buzzfeed.com begitu meyakinkan dalam menggarap artikel viral, salah satu artikel yang diterbitkan Buzzfeed.com berjudul "24 Secrets Taco Bell Employees Will Never Tell You" yang telah dilihat sebanyak hampir 2 juta views, ini gres 1 artikel saja ya. 


Luar biasa bukan, anda pengen coba buat artikel viral juga, ayo lanjut baca kalau begitu.

Buzzfeed.com setiap bulannya mendapat kunjungan 11 juta visitor (paling sedikit), angka tersebut bisa saja melonjak hingga 4 kali lipat, mengingat 11 juta ialah prediksi visitor terkecil yang mungkin didapat oleh Buzzfeed.com berdasarkan kacamata Blogger Firaun.

Jika anda tanyakan, berapa penghasilannya dari AdSense? Silahkan anda hitung sendiri, dengan patokan minimal 500 USD per 10.000 visitor (ini angka sudah rendah banget hehe).


Tertarik menciptakan konten viral

Apabila anda tertarik menciptakan konten viral menyerupai yang dilakukan oleh Buzzfeed.com, tidak salah tentunya, selama bahan kontennya berbeda.

Di Indonesia sendiri banyak sekali hal-hal viral, insiden tersebut sebetulnya sanggup dipermak ulang, menjadi konten berupa artikel yang juga bisa berpotensi viral menyerupai sumbernya.

Tapi ingat, dalam menciptakan sebuah konten viral harus tetap mengindahkan aturan aturan yang berlaku dan sesuai norma adat masyarakat ya.

Cara menciptakan konten blog viral

Bagian ini pastinya yang ditunggu-tunggu, namun apabila eksklusif membaca cara menciptakan konten viral ini secara langsung, tanpa membaca landasan diatas, bisa jadi pemahamannya tidak komplit, tidak paripurna (kayak dewan perwakilan rakyat aja pakai kata "paripurna" haha..).

Baik, untuk menciptakan sebuah artikel viral dalam sebuah blog, maka sebuah konten harus memperhatikan 3 faktor berikut : 1. momentum, 2. kualitas tulisani, dan 3. emosi. Ketiga faktor ini bisa mengakibatkan sebuah konten viral, salah satu faktor saja sudah cukup, misal faktor emosi, atau mementum, lebih jelasnya, silahkan simak uraian dibawah, pelan-pelan saja bacanya biar paham, lantaran ini intinya.



Dalam artikel ini Blogger Firaun akan aneka macam c Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya
Membuat dan menerbitkan konten ketika momentumnya masih ada

Terbitkan konten ketika momentumnya ada

Momentum maksudnya, sebagai blogger yang mau menciptakan konten viral, hendaknya melihat momentum ketika akan menciptakan postingan. Misalnya, momentum wacana pertandingan sepak bola, antara Indonesia Vs Malaysia, sehabis pertandingan tersebut terjadi inseden dimana 2 atau 3 orang warga negara indonesia menjadi korban kekerasan.

Nah, ketika artikel yang membahas wacana insiden yang dialami 2 atau 3 warga negara indonesia tersebut di publish sekarang, atau sekitar tanggal 22 Novemeber 2019, maka potensi viralnya akan sangat besar, lantaran artikel tersebut didorong oleh momentum, momentumnya kapan? momentumnya ya ketika ini, ketika terjadinya insiden tersebut, namun apabila artikel tersebut di publish tahun depan, peluang viralnya sangat sedikit sekali.


Jadi buatlah artikel yang sesuai dengan momentum yang ada, atau dengan kata lain, manfaatkanlah momentum yang lagi hot, jangan tunggu hambar ya, dengan begitu imbas viral artikel anda akan semakin panas hehe.


Salah satu teladan artikel viral yang ada di Blogger Firaun ialah "Heboh! Ust Somad Ceraikan Istri, Apa Penyebabnya?", silahkan nanti anda baca untuk memperkaya refrensi anda wacana konten viral.


Dalam artikel ini Blogger Firaun akan aneka macam c Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya
Publikasikan sebuah artikel dengan kualitas terbaik (versi Anda)

Publish artikel dengan kualitas terbaik

Faktor yang kedua ialah kualitas tulisan. Anda pernah membaca sebuah artikel yang sangat bagus, hingga gatal untuk share goresan pena tersebut di media sosial? Jika pernah, maka perasaan tersebut ialah ratifikasi terhadap kualitas sebuah tulisan, bahwa goresan pena tersebut anggun dan bermanfaat.

Bagus baik dalam gaya penulisan maupun penyampaiannya.


Dapat dikatakan bahwa artikel tersebut menawarkan sebuah imbas "WOW" ketika selesai dibaca oleh audience, bahkan mungkin malah ketika belum selesai.


Efek WOW tersebut yang menggambarkan betapa terkagum kagumnya user. Pembaca terkejut, "wow konten ini anggun sekali", sehingga timbul niatan untuk segera sharing goresan pena tersebut.


Dalam artikel ini Blogger Firaun akan aneka macam c Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya
Menambahkan emosi dalam kata-kata ialah salah satu cara menciptakan artikel viral

Buat artikel yang kaya akan emosi

Faktor yang ke tiga ialah emosi. Anda pernah membaca sebuah goresan pena kemudian merasa sedih, merasa tambah bersemangat, atau bahkan malah muncul rasa empati? Jika jawabannya "iya", maka anda berarti sudah pernah punya pengalaman membaca sebuah artikel yang kaya akan emosi.

Bentuk daripada emosi sangat beragam, biasanya emosi tak bisa jauh-jauh dipisahkan dengan "rasa", atau perasaan yang muncul.


Salah satu goresan pena yang bisa dipakai untuk membangkitkan emosi pembaca bisa aneka macam hal.

Contohnya, anda menulis wacana kisah murung seorang kakek bau tanah yang masih harus berjualan burger untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, dimana pada masa-masa tersebut seharusnya ia punya lebih banyak waktu untuk beristirahat dan melaksanakan acara yang ia sukai.

Dalam goresan pena tersebut, anda juga menyebutkan area kerja si kakek bau tanah penjual burger, hal itu untuk menawarkan visualisasi lebih terang kepada pembaca. Misal "kakek tersebut biasanya berjualan di jalan persatuan yang membelah UGM, kawasan Pogung hingga jalan Kaliurang atas".

Bisa juga anda menambahkan goresan pena wacana suasana yang dialami si kakek, misal "ditengah panas nya jalan Kaliurang, dan kakek tersebut masih menjajakan burgernya, kasihan sekali, belum ada yang beli", 2 kata ini "panas sekali" membantu pembaca mencicipi melalui inderanya (padahal pembaca sedang tak kepanasan hehe), panas sekali, tentunya ini berhubuungan dengan kulit yang sedang terpanggang sinar matahari. Hal tersebut mendekatkan pembaca pada si kakek.

"Oh si kakek kerjannya susah, panas-panasan dipingggir jalan, dan gak ada yang beli" inilah yang diperlukan muncul dibenak pembaca.

Cerita ini bisa panjang sekali sih.. 


Tapi maksudnya, dengan dongeng tersebut, pembaca akan tergugah untuk share ke media sosial, dengan membubuhkan embel-embel caption menyerupai "bantu beli, kasihan bapak ini, jualan burger pakai gerobak belum laku, biasanya nongkrong di bla bla bla dan bla bla bla", niscaya artikel tersebut viral lantaran dibagikan orang-orang yang simppati dan terenyuh pad si kakek.

Emosi lain yang bisa dibangkitkan ialah rasa takut, misal, artikel dengan judul "8 rumah tual peninggalan Belanda, bikin merinding, ini sebabnya!"


Artikel yang membangkitkan emosi ini banyak sekali contohnya, nanti kalau sempat tak buatkan teladan lainnya wacana artikel yang bisa membangkitkan emosi ini.


Tulisan yang mengandung emosi itu gampang menjadi viral, jadi apabila anda seorang influencer, hati-hati memakai konten yang bermuatan "emosi", tapi juga jangan anti atau takut memakai konten yang membangkitkan emosi audience, tapi tetap lebih jeli, jangan hingga konten anda membangkitkan kebencian yang mengakibatkan kerusuhan.


Kesimpulan

Nah itu tadi langkah menciptakan konten yang viral di internet, konten tersebut biasanya sebuah artikel dengan narasi yang kuat disertai dengan sebuah foto, bisa juga video. Untuk menciptakan sebuah kalimat yang kuat, narasi tersebut harus mengandung ketiga atau salah satu dari 3 faktor yang menciptakan konten viral.

Dan yang paling penting dari kesimpulan ini..

Ilmu ini hanya sekedar ilmu saja, tak akan menghasilkan apapun, hingga anda mencoba mempraktekkannya. Jadi, prakteklah menciptakan artikel viral sehabis membaca artikel ini itu penting, penting bagi anda yang ingin, mau belajar, dan bisa menciptakan artikel viral.

Disclaimer

Apabila anda sudah membaca artikel ini, baik semua atau sebagian, Blogger Firaun sampaikan disclaimer berikut : Bahwa Blogger Firaun tidak bertanggung jawab atas tindakan atau konsekuensi yang muncul dari tindakan yang anda ambil sehabis membaca artikel ini, apapun jawaban dari tindakan tersebut merupakan inisiatif anda pribadi dan tidak berafiliasi dengan Blogger Firaun. Artikel ini dibentuk dan ditujukan untuk pendidikan dan hal lain yang bermanfaat.

Baca juga : Sebab dan Cara Mengatasi Inventaris Berharga : Template Halaman Saat Daftar AdSense

Ya walaupun Blogger Firaun sudah mempunyai disclaimer pada halaman statis, namun untuk memperkuat, Blogger Firaun putuskan menawarkan embel-embel disclaimer menyerupai tertulis diatas untuk konten ini.

Ibarat pisau, yang bisa dipakai untuk memudahkan urusan manusia, contohnya untuk memotong buah.

Disisi yang lain, pisau juga bisa dipakai untuk menyakiti. Tergantung siapa yang memegang pisau tersebut, apakah ia orang yang cukup baik dan bijaksana, atau sebaliknya.
Akhirnya, selesai juga artikel membuat konten jadi viral ini, gunakanlah ilmu ini dengan bijak. Kerena, kemungkinan besar akan bermanfaat untuk anda, traffic anda dan orang banyak. Apabila anda punya pendapat yang berbeda, atau konten apa yang harus Blogger Firaun tulis, silahkan tinggalkan inspirasi gagasan anda dikomentar. Semooga sehabis membaca artikel ini, anda mendapat inspirasi positif. Terimakasih sudah membaca hingga kata terakhir, semoga saya, dan anda tentunya selalu sukses, amin. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

0 Response to "Traffic Sepi? Viralkan! Ini Triknya"

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU