WA Sender Ultimate

Membaca Dan Menulis, Wacana Photography ☺

Membaca,menulisnya,saya rasa ini cara berguru yang efektif dan
juga mudah pada ketika ini bagi saya.
Pada Artikel ini saya mengunakan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris(nama kategori/jenis photography)untuk menulisnya,

semoga saya lebih gampang mempelajarinya,dan memahaminya.ini untuk diri saya pribadi,tentu bila bisa bermanfaat untuk yang lainnya yang mengalami hal yang sama menyerupai saya.
Dalam 4 tahun saya sudah terbiasa berguru photography sendiri,
dengan melihat,membaca dan mencobanya,tanpa pembimbing pribadi dan tidak mengikuti kursus photography dan hanya memakai camera phone untuk mengambil photo.
sudah cukup banyak photo yang saya mengambil photo untuk berlatih photography dengan beberapa kategori/jenis photography,seperti Landscape photography(pemandangan Alam,Bunga dan tumbuhan)

Food photography,Architectural photography,Black and white photography(saya mengambil photo semuanya dalam warna dan mengubah ke hitam-putih dengan memakai software/aplikasi pengedit foto)dan saya sedang berguru kategori/jenis Street photography dan Human Interest,dan Still life photography dan telah mengembangkan di G+dan juga Instagram.cukup ada yang merespon pada photo yang saya buat,ini menyenangkan mengatakan semangat pada saya untuk mempelajari dan lebih memahami photograpy dan kesannya saya mencoba mengguna camera,
dan mengikuti workshop photography dan ihwal pengunaan fiture yang ada pada camera dan pengetahuan dasar photography.
Sebelumnya saya pernah merasa gundah dan kesulitan ingin memilih jenis/kategori apa yang akan saya tekuni,dan ingin memilih gaya dalam photography,
Saya sadar,sangat sedikit pengetahuan yang saya miliki ihwal photograpy dan katogori/jenis photography,
Untuk itu saya pikir,saya harus tahu dan memahami kategori/jenis yang ada pada photography.
Saya mulai sering membaca artikel artikel mengenai photography dan juga kategori/jenis photography dari beberapa sumber.
Saya pikir dengan menulis ihwal photography dan kategori/jenis photography,bisa memudahkan saya mempelajarinya dan memahaminya ihwal photography dan bisa memilih kategori/jenis photography yang ingin saya tekuni nantinya dan akan bisa menemukan gaya photography untuk saya.Selama ini saya banyak melihat photo photo hanya untuk wangsit bukan untuk menjiplak gaya seseorang,setiap orang akan mempunyai perbedaan dalam pengambilan photo walaupun berada ditempat yang sama,mungkin dengan pengaturan secara teknis sama.
Saya akan memulainya dengan kategori/jenis photography
Ternyata ada begitu banyak kategori/jenis photograpy.
Landscape Photography,Seascape photography,Cityscapes photography
Wildlife Photography,Macro Photography,Human interest Photography,Street photography,Jurnalism photography,Portrait Photography,Fashion Photography,Wedding Photography,Event photography,Commercial/Advertising photography,Archituctural photography,Still life photography,stage photography,Sport photography,Black and white photography,Vernucular photography,Night photography,Underwater photography,Aerial photography,Moody photography,Traveling photography,dan masih banyak lagi yang lainnya.
Dan disini hanya 20 kategori /jenis photograpy yang akan saya tulis,
dan saya akan melampirkan photo yang pernah saya ambil
dan gres beberapa kategori/jenis photography pernah saya lakukan itu pun dengan pengetahuan yang sangat minim dan hanya mengambil photo menurut naluri dan rasa tertarik untuk memotretnya.
20 KATEGORI / JENIS PHOTOGRAPHY
1.LANDSCAPE PHOTOGRAPHY(Pemandangan Alam)
Pemandangan alam,mengambil gambar Keindahan alam sanggup juga dikombinasikan dengan yang lain menyerupai manusia,hewan dan yang lainnya,
http://wiranurmansyah.com/tips-dalam-fotografi-landscape
dan kini termasuk perkotaan,kawasan industri,gambar diluar ruangan(luar gedung) sudah bisa disebut dengan gambar landscape.
Seascapes photograpy,Cityscapes photograpy,Urban landscape photography etc.
Definisi sebuah foto pemandangan alam begitu luas,
namun tetap yang menjadi fokus utamanya yakni alam.
Landscape photography mempunyai tiga gaya yaitu:
 ▪Representasional.
Juga dikenal dengan gaya deskriptif yang lurus dimana gambar yang dihasilkan yakni paling alami dan realistis dengan tanpa manipulasi visual atau manipulasi buatan.
Kaprikornus apa yang anda lihat itulah yang anda dapatkan.
Komposisi dan detail merupakan hal yang diunggulkan dalam style ini,dengan elemen penting yakni cahaya,waktu dan cuaca.
▪Impressional
Berbeda dengan representational,impressional memakai teknik photography sehingga gambar menarik didapatkan.Gambar yang dihasilkan tentu kurang positif dan berbeda dengan apa yang kita lihat dengan mata telanjang.berbeda dari aslinya namun pemandangan alam akan tampil sangat menarik namun tetap mempertahankan essensinya sebagai gambar pemandangan alam/ landscape photography.
▪Abstrak
Sama menyerupai ajaran seni lainnya ajaib berarti imajinasi seni yang diolah oleh seniman sehingga terwujud lah bentuk yang unik, meskipun kita sering menjumpainya bisa jadi kita tidak mengenalinya.
Agar bisa mendapat hasil landscape photography terlihat bagus,
Memang harus memahami banyak hal yang bekerjasama dengan alam,termasuk cuaca dan pencahayaan yang optimal
Mempertimbangkan moment yang sempurna untuk memotret.
Misalnya ketika ketika matahari akan terbit dan ketika terbit
atau akan tenggelam,yang meiliki awan yang sangat indah dan beraneka warna dan bentuknya.
Saya sudah sering mengambil photo kategori/jenis Landscape photography,pada ketika saya melaksanakan perjalanan /traveling,
Dan mengembangkan photo pada komunitas Landscape photography di G+,
dan mempunyai koleksi photo di G+
https://plus.google.com/collection/YALtaB
TELUK KILUAN,
disini saya mendapat pengalaman yang luar biasa,sedikit berbahaya dan kelelahan fisik untuk mendapat photo photo ini, tapi saya merasa bahagia bisa mengabadikan sesuatu yang belum pernah saya lihat dan ini begitu indah dan mempesona.
PULAU KELOR,

TAMAN CIBODAS,
PANTAI ANCOL

 pada ketika itu saya mendapat moment yang pas,langit sedang berwarna dan terlihat indah..
2.WILDLIFE PHOTOGRAPHY
Memotret kehidupan alam liar di habitat aslinya sungguh menantang berada di alam liar,bertemu secara pribadi dengan aneka jenis binatang yang bebas berkeliaran dan mungkin satwa liar dan buas.
Jenis photography ini umumnya hanya dilakukan oleh para photograper profesional yang menjadi kontributor
3.MACRO PHOTOGRAPHY.
Macro photography yaitu membuat subjek berukuran kecil terlihat sangat erat dan menampilkan detail yang tinggi/dalam.Objek-objek berukuran kecil menyerupai binatang serangga,tumbuhan atau bunga yang umumnya berada di sekitar kita.
Saya juga membuat photo kategori/jenis Macro photography tapi dengan memakai camera handphone,dan ini untuk pertama kali berlatih mengambil photo dan lebih banyak pada bunga dan tumbuhan.
Ada beberapa koleksi photo bunga dan flora saya di G +
tidak dengan detail yang dalam,tapi lebih menonjolkan keindahan dari bunga itu sendiri.
4.ARCHITECTURAL PHOTOGRAPHY
Architectural photography menampilkan keindahan bentuk bangunan atau gedung sebagai subjek utamanya.
memperhatikan setiap sudut dan celah bangunan semoga memperoleh komposisi yang ritmis.Selain itu angle pemotretan juga menjadi faktor penting semoga foto yang dihasilkan tidak terlihat statis.
Ini mungkin salah satu kategori/jenis photography yang saya suka,dan sudah banyak membuat photo dalam kategori Architectural photography tapi saya masih belum mempunyai kesempatan untuk mengambil photo pada belahan dalam bangunan hanya pada belahan luar bangunan dan mengembangkan photo di Instagram. 
https://www.instagram.com/haspita_hsb/
5.FOOD PHOTOGRAPHY lebih dari sekadar menampilkan kuliner dalam piring semoga orang merasa lapar atau timbul selera untuk makan. Sang photograper harus bisa membuat komposisi yang manis dan memperlihatkan detail atau tekstur makanan.Untuk menampilkan tekstur kuliner secara detail,faktor pencahayaan yang manis menjadi hal yang mutlak diperlukan.
Kategori/jenis Food photography ini saya lakukan alasannya yakni saya suka masakan dan juga memasak ,dan sudah banyak juga saya mengambil photo dan mengembangkan pada komunitas Food photography yang ada di G +dan membuat koleksi photo di G+Food and bevarage.
https://plus.google.com/collection/0lbVNB
6.HUMAN INTEREST PHOTOGRAPHY
Subjek utama dalam human interest photography yakni manusia.
Human interest lebih menonjolkan sisi kehidupan dan interaksi insan dengan lingkungan sekitarnya dalam kesehariannya.
Human Interest Merupakan photo yg bercerita,moment yang diambil
diharapkan bisa membangkitkan perasaan tenggang rasa maupun simpati.yang melihat photo tersebut.
7.STREET PHOTOGRAPHY
Realitas yang terjadi di jalanan merupakan prinsip utama street photography.Mungkin terlihat sama dengan human interest maupun photography journalism.Beberapa kategori/ jenis tersebut memang saling bertautan.Namun ada ciri khusus yang membedakan street photography dengan jenis photography lainnya.
Street photography merupakan suatu pendekatan yang berusaha menampilkan realitas sebenarnya yang terjadi di ruang publik secara impulsif dan di lakukan dengan cara candid tapi tidak selalu.
Saya sedang berguru kategori/jenis photography Human interest dan Street photography.Dan saya lebih menyukai mengambil photo dengan cara candid dan spontanitas mengikuti naluri.dan mengubah warna menjadi black and white untuk memberi kesan lebih mendalam.
8.JOURNALISM PHOTOGRAPHY
Jenis photography ini umumnya dilakukan oleh photografer yang menjadi kontributor sebuah media.
Tujuan utama journalism photography yaitu menyajikan foto yang mempunyai dongeng atau nilai berita,photo tersebut dipakai untuk keperluan penayangan informasi atau publikasi di media massa.
Subjek yang diambil untuk photo journalism merupakan hal-hal
atau insiden yang terjadi di sekitar kita.
Prinsip utama dalam photo journalism yaitu foto yang dihasilkan merupakan insiden sebenarnya tanpa rekayasa dan tanpa memihak.
9.STILL LIFE PHOTOGRAPHY
Still Life photography Merupakan photo yg objeknya yakni benda - benda yang ada di sekitar kita.
Dalam menerapkan still life photography yaitu bagaimana membuat objek atau benda mati terlihat lebih hidup,diperlukannya kreatifitas untuk membuat photo bisa bercerita lewat komposisi,properti,dan pencahayaan yang bagus.
Dengan kata lain walaupun hanya photo yang berobjek sederhana sekalipun,subjek yang di photo tidak hanya menampilkan benda mati semata.Lebih dari itu namun mempunyai makna atau maksud tertentu di baliknya.
Ada juga beberapa photo kategori/jenis Still life photography yang pernah saya ambil,tapi saya lebih sering mengubah warna menjadi photo black and white.
10.BLACK AND WHITE PHOTOGRAPHY
Photography Black and white ini yakni media yang luas bisa dipakai untuk banyak sekali kategori/jenis photography,
seorang photographer sanggup menggunakan/men setting monochrome pada kamera dan memakai filter,atau memotret dalam warna dan bila ingin di ubah ke hitam-putih tinggal memakai software pengedit photo,teknik untuk merubah warna menjadi hitam putih,monochrome ada banyak cara untuk itu.
mastering-the-art-of-black-and-white-photography--photo-280
Akhir final ini saya sering membuat photo black and white photographysaya mengambil photo semuanya dalam warna dan mengubah ke hitam-putih, monochrome,sepia grey blue,red,green dengan menggunakan software/aplikasi pengedit foto.Dan saya juga mempunyai koleksi photo BW'xtra di G+
https://plus.google.com/collection/EseySB
11.NIGHT PHOTOGRAPHY
Photography Night Shoot,benar-benar mengkhususkan diri dalam adegan malam,aliran photography yang merekam momen-momen pada malam hari.Seperti keindahan lampu kota,lampu lampu pinggir sungai,dan masih banyak lagi.Karena duduk kasus cahaya minimal,teknik-teknik gres sedang dimasukkan seorang photograper sanggup memakai cahaya buatan atau bahkan paparan usang untuk menangkap gambar yang terang dan tepat.
Saya gres beberapa kali mencoba mengambil photo malam hari alasannya yakni hasil photonya kurang memuaskan pada ketika memakai camera handphone dan sedang mencoba dengan memakai camera.
Ini photo gres yang saya ambil pada ketika program ijab kabul yang diadakan di bak renang .
12.PORTRAIT PHOTOGRAPHY
Tidak jauh berbeda dengan Human interest subyek utama portrait photograpy yakni insan yang mempunyai karakteristik dan kepribadian yang unik.
Itulah yang menjadi kekuatan utama portrait photography.
Portrait photography yang baik bisa menangkap ekspresi,mimik, kepribadian,suasana hati seseorang semoga photo yang dihasilkan lebih berkesan.Untuk itu wajah seseorang menjadi fokus utama semoga kesan emosional sanggup dimunculkan. 

Dahulu saya sering melaksanakan Portrait photography,dan bahagia mengambil photo anak anak saya sebagai modelnya dan mencari sisi(angle) yang manis dan lisan pada wajah mereka,tapi kini sudah jarang melakukannya.
13.AERIAL PHOTOGRAPHY.
Jenis photography ini mempunyai ciri khusus yang sangat unik,yaitu teknik pengambilan gambar (angle) yang dilakukan dari atas.
Jika melihat suatu subjek yang seakan-akan melihatnya dari atas,dan berada di ketinggian itulah yang disebut Aerial photography
Untuk bisa melakukannya Ada banyak sekali teknik yang dipakai untuk mendapat gambar ini,photograper sanggup mengambil gambar tersebut dari helikopter atau pesawat terbang,atau membutuhkan alat bantu khusus menyerupai drone,atau memakai kamera yang dipasang ke layang-layang,dan pengambilan photo ketika layang-layang di udara.
14.UNDERWATER PHOTOGRAPHY.
Photography underwater yakni proses mengambil photo di bawah air. Hal ini biasanya dilakukan ketika scuba diving ,tapi bisa dilakukan ketika menyelam di supply permukaan,Snorkling,berenang,atau dari kapal selam atau jarak jauh dioperasikan kendaraan bawah air,atau dari kamera otomatis diturunkan dari permukaan.biasanya dilakukan dengan peralatan khusus dan menguasai ketrampilan menyelam.Photography underwater memperlihatkan peluang photography yang menarik dan langka dan misteri yang ada di kehidupan dalam laut.
15.FASHION PHOTOGRAPHY
Keindahan desain pakaian menyerupai baju dan celana dengan aneka motif, maupun aksesoris fashion lainnya menjadi titik fokus utama dalam fashion photography,memang tak bisa dipungkiri tugas model menjadi penting dalam fashion photography yang membuatnya sering di campur adukkan dengan portrait photography.Keduanya bisa saja hadir dalam waktu yang bersamaan,karena sama-sama menampilkan orang.Namun dalam fashion photography yang menjadi pengutamaan yakni desain pakaian semoga orang yang melihatnya tertarik untuk membeli.
16.WEDDING PHOTOGRAPHY
Event ijab kabul merupakan moment langka yang mungkin terjadi satu kali seumur hidup.Untuk itulah moment tersebut menjadi sangat Istimewa bagi orang yang terlibat di dalamnya dan perlu diabadikan.
Wedding/Prewedding photography yang mengabadikan pengantin ketika berada di pelaminan maupun kejadian-kejadian sebelum dan sesudah.
17.STAGE PHOTOGRAPHY
untuk penggemar musik,atau suka dengan pertunjukan budaya
atau teater, jenis photography ini niscaya sangat menarik.
bisa memotret secara pribadi artis atau penyanyi idola ketika mereka tampil di atas panggung.Gerakan orang yang tampil di atas panggung sulit untuk diprediksi. Ditambah lagi dengan tata cahaya (lighting) yang sering berubah-ubah.Oleh alasannya yakni itu,kecepatan dalam mengambil moment yang sempurna menjadi hal penting dalam stage photography.
18.SPORT PHOTOGRAPHY
Olahraga tak hanya mempertunjukkan kebolehan sang atlet di arena pertandingan.Dalam olahraga ada banyak moment dramatis dan menegangkan yang sangat menarik untuk direkam dalam kamera.
Sport photography yang berusaha mengabadikan setiap insiden menarik di tengah lapangan/lintasan.Untuk menangkap subjek secara lebih erat atau biasanya memakai kamera dengan lensa tele.
19.VERNACULAR PHOTOGRAPHY
Photography Vernacular yakni ajaran yang bisa dikatakan untuk para photografer amatiran.Sebab photo-photo yang diambil yakni momen-momen umum,tidak terkonsep.Seperti photo-photo ketika liburan, photo-photo keluarga,photo teman,dan lain sebagainya
20.COMMERCIAL/ADVERTISING PHOTOGRAPHY
Kehadiran foto yang menarik dalam sebuah iklan sangat membantu dalam membuat image positif di benak audiens.Peran seorang photograper dalam pembuatan sebuah iklan cetak sangat signifikan.
Commercial atau advertising photography sangat luas cakupannya,
dan bisa mencakup fashion,still life,food maupun architectural photography,etc.
Yaitu ditujukan untuk kepentingan komersial menyerupai pembuatan iklan

Ada banyak kategori/jenis photography yang belum pernah saya lakukan,mungkin sulit dan harus mempunyai peralatan khusus,dan keterampilan khusua,sehingga saya kurang tertarik untuk melakukannya.
Saya memahami tujuan dan harapan saya pada photography,
Ini hobby dan sesuatu yang mengatakan semangat,kesenangan dari mulai pengambilan photo,editing,dan mengembangkan photo di G+,Instagram.
saya mempunyai keterbatasan pengetahuan juga kemampuan secara fisik
Pengambilan photo akan saya sesuai dengan kondisi saya.
Kaprikornus saya akan tetap melaksanakan kategori/jenis photography yang pernah saya lakukan sebelumnya,saya pun sudah mempunyai citra kategori/jenis photography yang ingin saya tekuni nanti,Saya akan terus berguru juga berlatih teknik pengambilan photo,editiing etc.karena merasa masih banyak kekurangan saya.
Tapi untuk sementara saya akan jarang melaksanakan pengambilan photo,mungkin hanya pada sesuatu yang membuat saya tertarik dan menarik perhatian saya.
alasannya yakni ketika ini sedang disibukan membuat konsep untuk Buku aneka masakan (Resep masakan dan photo masakan)harus sudah siap sebelum oktober tahun 2017.


0 Response to "Membaca Dan Menulis, Wacana Photography ☺"

Post a Comment

APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU
APK NONTON BARENG
FILM TERBARU